BERITA

BI: Cadangan Devisa Indonesia Akhir Juli US$137,3 Miliar

""Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah""

Astri Septiani

BI: Cadangan Devisa Indonesia Akhir Juli US$137,3 Miliar
ilustrasi

KBR, Jakarta -Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia di akhir Juli 2021 sebesar US$137,3 miliar. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2021 yang sebesar US$137,1 miliar.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," katanya dalam siaran pers tertulisnya yang diterima KBR di Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Erwin menyebut, peningkatan posisi cadangan devisa pada Juli 2021 ini dipengaruhi penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Selain itu, cadangan devisa ini mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • Bank Indonesia
  • devisa
  • cadangan devisa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!