BERITA

Anggaran Kemenristek Dikti Dipangkas Rp200 M

""Yang kita efisienkan itu terutama di program perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan.""

Yudha Satriawan

Anggaran Kemenristek Dikti Dipangkas Rp200 M
Ilustrasi. (Foto: www.kemenkeu.go.id)



KBR, Solo - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendapat pemangkasan anggaran sebesar Rp200 miliar rupiah.

Sekjen Kemenristek Dikti Ainun Naim mengatakan pemangkasan anggaran itu merupakan langkah penghematan keuangan negara sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.


Naim mengatakan pemangkasan anggaran dilakukan sesuai skala prioritas program kerja.


"Anggaran yang kita pangkas sekitar Rp200an milyar rupiah. Yang kita efisienkan itu terutama di program perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan, kemudian juga renovasi bangunan milik kementerian kami. Kalau total anggaran Kemenristek ada sekitar Rp39 trilyun rupiah," kata Ainun Naim disela-sela perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Solo, Selasa (9/8/2016).


Presiden Joko Widodo menginstruksikan langkah penghematan pada seluruh jajaran kementerian dan instansi pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mengefisienkan APBN Perubahan tahun 2016, karena perekonomian global sedang lesu dan penerimaan pendapatan pajak negara selama dua tahun tak sesuai target.


Pemerintah memangkas anggaran hingga Rp133 trilyun rupiah, terdiri dari Rp65 trilyun rupiah dari setiap kementerian dan lembaga negara, hingga dana transfer daerah sebesar Rp68 trilyun rupiah.


Editor: Agus Luqman

 

  • pemangkasan anggaran
  • Kemenristek Dikti
  • efisiensi anggaran
  • APBN Perubahan 2016
  • Jokowi
  • Kabinet Kerja jilid II

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!