177 Calhaj Ilegal di Filipina, Menlu: Sebagian Besar Segera Dipulangkan

"Jadi tinggal mengurus hal-hal yang sifatnya administratif. Masih ada surat-surat yang harus dipersiapkan oleh KBRI Manila"

BERITA , NASIONAL

Rabu, 31 Agus 2016 21:12 WIB

Author

Ninik Yuniati

177 Calhaj Ilegal di Filipina,  Menlu:   Sebagian Besar Segera Dipulangkan

Ilustrasi: Jemaah haji Trenggalek, Jatim. (Foto: KBR/Adhar M.)

KBR, Jakarta- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan 168 WNI calon haji di Manila, Filipina bakal segera dipulangkan. Kata dia, otoritas Filipina telah mengizinkan mereka kembali ke tanah air.

Kata Menlu ini merupakan hasil pertemuan antara pemerintah Filipina dengan perwakilan Indonesia hari ini.

"Dari 177, 168, sudah dapat diproses untuk meninggalkan Manila untuk kembali ke Indonesia. Jadi tinggal mengurus hal-hal yang sifatnya administratif. Masih ada surat-surat yang harus dipersiapkan oleh KBRI Manila, tetapi prinsipnya adalah 168 sudah diizinkan untuk meninggalkan Manila," kata Retno di DPR, Rabu (31/8/2016).

Retno menambahkan,   9 WNI sisanya masih tertahan di Manila untuk keperluan pendalaman informasi. Namun, kata dia, kesembilan WNI tersebut diizinkan untuk tinggal di fasilitas KBRI Manila.

"Selama proses pendalaman lebih lanjut, mereka memerlukan informasi dari kesembilan WNI tersebut, maka mereka diperbolehkan, diizinkan, untuk tetap tinggal, di dalam fasilitas yang dimiliki oleh KBRI," ujarnya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma