BERITA

TNI AU Minta Pengadaan Pengganti Hercules tahun Depan

"TNI AU minta Airbus A400 sebagai pengganti Hercules"

Yudi Rachman

TNI AU Minta Pengadaan Pengganti Hercules tahun Depan
Puing Pesawat Hercules C130 (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - TNI Angkatan Udara berharap pengadaan pesawat pengganti Hercules C130 bisa dilakukan tahun depan. Juru Bicara TNI AU Dwi Badarmanto mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permintaan pembeliaan tersebut ke Kementerian Pertahanan. Pesawat yang diusulkan dibeli sebagai pengganti adalah pesawat cargo militer tipe A400. Tipe itu dipilih karena memiliki spesifikasi lebih modern dari jenis Hercules.

"Pembicaraan sudah, direnstra sudah kita minta, kita minta Airbus A400 versi militer. Di samping besar, daya angkutnya juga tinggi. Sudah disampaikan ke pemerintah, kita menyesuaikan sesuai kemampuan keuangan negara. Berapa jumlah yang diminta? Kita idealnya satu skuadron lah," jelas Juru bicara TNI AU Dwi Badarmanto kepada KBR, Senin (3/8).

Sebelumnya, TNI AU berencana melakukan modernisasi pesawat angkut dengan jenis baru. Pasalnya, pesawat angkut TNI AU sekarang ini berusia lebih dari 30 tahun. Bahkan satu di antaranya jatuh di Medan, Sumatera Utara awal Juli lalu. Salah satu yang digadang menggantikan Hercules, adalah Airbus A-400. Namun, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) masih mempertimbangkan pembelian pesawat angkut A-400 Airbus dan C-17 Boeing sebagai pengganti pesawat Hercules C-130 sebagai pesawat angkut TNI.  

Editor: Rony Sitanggang

  • Airbus A400
  • Juru bicara TNI AU Dwi Badarmanto
  • Hercules C130
  • pesawat jatuh
  • pesawat tua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!