BERITA

Pemprov DKI Pastikan Turuti Komunitas Ciliwung Merdeka, Tetapi..

"Ahok pastikan akan bangun rumah susun sesuai konsep yang ditawarkan Komunitas Ciliwung Merdeka tetapi meminta 520 KK untuk tutup dulu."

Khusnul Khotimah

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama. Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan akan membangun rumah susun sesuai konsep yang ditawarkan Komunitas Ciliwung Merdeka. Namun kata Ahok, rumah susun tak bisa dibangun di pinggiran jalan inspeksi di bantaran Kali Ciliwung.

“Kita akan bangun sesuai yang ditawarkan oleh Ciliwung Merdeka. Itu rusun, makin tinggi nanti mengarah ke Rusun Jatinegara akan sederet begitu. Tapi kampung deret itu nanti bisa ribuan unit itu. Termasuk mau pindahkan yang di Bukit Duri. Tapi kasih saya dulu dong yang 520 ini untuk tutup dulu. Nanti yang tengah kita atur,” kata Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota Jakarta.


Ketua Komunitas Ciliwung Merdeka Sandyawan Sumardi sebelumnya menyebut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak paham konsep kampung susun berbasis komunitas, yang disodorkan warga. Menurut dia, Kampung Pulo sudah diduduki warga sejak tahun 1930an. Bahkan, salah satu penelitian menunjukan Kampung Pulo bisa menjadi salah satu situs keanekaragaman budaya.

Penggusuran bangunan di Kampung Pulo yang dimulai sejak kemarin kembali dilanjutkan hari ini. Bekas lahan ini nantinya akan dibangun jalan inspeksi normalisasi Kali Ciliwung. 

  • komunitas ciliwung
  • bantaran sungai ciliwung
  • kampung pulo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!