BERITA

Pansel KPK Akui Telah Pegang Data Rekening Mencurigakan Capim KPK

"Data ini didapat Pansel dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) yang juga dilibatkan dalam seleksi."

Sindu Dharmawan

Pansel KPK Akui Telah Pegang Data Rekening Mencurigakan Capim KPK
Ilustrasi uang. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK mengakui masih ada calon pimpinan KPK dari 19 orang yang lolos seleksi tahap tiga, yang diduga bermasalah. Juru bicara KPK, Betty Alisjahbana, panitia seleksi telah mengantongi data rekening mencurigakan milik capim KPK. 

Kata dia, data ini didapat Pansel dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) yang juga dilibatkan dalam seleksi. Menurutnya, pihaknya akan mendalami dugaan itu pada seleksi tahap berikutnya.

"Itu kita akan tanyakan kepada yang bersangkutan. Sebab, karena kan transaksi misalnya yang dicatat itu transaksi-transaksi dalam jumlah besar, misalnya transaksi-transaksi dalam jumlah besar dan tunai. Itu kan hal-hal yang bisa jadi pertanyaan," kata Betty (12/8/2015).

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menelusuri rekening masing-masing calon pimpinan KPK. Hasilnya, PPATK menemukan sejumlah transaksi mencurigakan milik 10 orang calon pimpinan KPK.  Transaksi mencurigakan itu di antaranya terlihat dari nominal gaji yang timpang dengan transaksi yang ada. 

Editor : Sasmito Madrim 

  • PPATK
  • Seleksi Capim KPK
  • Pansel KPK
  • Calon Pimpinan KPK
  • rekening mencurigakan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!