BERITA

BMKG: Kekeringan Diprediksi Meluas

"BMKG memprediksi kekeringan akan meluas."

Zay Nova

BMKG: Kekeringan Diprediksi Meluas
Ilustrasi kekeringan. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - BMKG memprediksi kekeringan akan meluas. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Hadi Prabowo mengatakan, kekeringan diprediksi meluas di beberapa daerah seperti Jawa Tengah hingga Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, dan beberapa tempat bagian Papua bagian selatan.

"Daerah-daerah dengan hari tanpa hujan, artinya sudah beberapa hari tak mengalami hujan berturut-turut, yaitu jawa tengah ke timur,enuju arah timur seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, dan beberapa tempat bagian Papua bagian selatan, mengalami hari tanpa hujan cukup panjang," kata Mulyono Hadi Prabowo.


Kata Mulyono Hadi Prabowo saat ini masyarakat hanya mengandalkan cadangan air yang tersedia sehingga kata dia masyarakat diminta untuk menggunakan air secara bijak dan seefisien mungkin karena pasokan air tak didapat dari air hujan. BMKG sendiri memprediksi musim penghujan akan mengalami pemunduran hingga bulan November yang biasanya sudah mulai memasuki musim penghujan sejak bulan September sebagai imbas dari el Nino.

Editor: Erric Permana

  • kekeringan
  • bmkg
  • jawa tengah
  • nusa tenggara barat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!