NASIONAL

KY Siap Periksa Hakim Agung Timur Manurung

"Komisi Yudisial akan memeriksa 6 putusan bebas kepada koruptor dalam sidang yang dipimpin Hakim Agung Timur Manurung."

Rio Tuasikal

KY Siap Periksa Hakim Agung Timur Manurung
KY, hakim agung, koruptor, vonis bebas

KBR, Jakarta - Komisi Yudisial akan memeriksa 6 putusan bebas kepada koruptor dalam sidang yang dipimpin Hakim Agung Timur Manurung. Enam terdakwa ini divonis bebas dari 22 terdakwa yang disidang selama Januari-Juni 2014. Wakil Ketua Komisi Yudisial, Imam Anshori Saleh mengatakan keputusan bebas bisa saja karena pembuktian yang lemah atau faktor lain. Namun pihaknya tetap akan memeriksa putusan-putusan Timur Manurung untuk memastikan tidak ada kecurangan.

"Kita akan semacam obsevasi. Bukan kita mencari kesalahan. Tapi di balik hukuman-hukuman yang membebaskan itu, apakah itu betul betul karena penerapan hukum yang salah atau karena apa? Kalau saya kok melihat Timur tidak (bekerja-red) sendirian, dia bersama majelis hakim yang lain," kata Imam saat dihubungi KBR, Minggu (3/8).

Sebelumnya, LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat Hakim Agung Timur Manurung memberi vonis bebas kepada 6 terdakwa korupsi di Mahkamah Agung. Selain itu, ICW juga menyatakan tren hukuman buat koruptor masih rendah dan tidak memberikan efek jera. Sebanyak 193 orang dihukum ringan, 44 orang dihukum sedang, dan hanya 4 orang dihukum berat. Koruptor rata-rata hanya dipenjara 2 tahun 9 bulan.


Editor:Taufik Wijaya

  • KY
  • hakim agung
  • koruptor
  • vonis bebas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!