NASIONAL

Kemendikbud Akui Distribusi Buku Kurikulum 2013 Belum Merata

"KBR, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui pendistribusian buku Kurikulum 2013 belum merata ke sekolah-sekolah di tanah air. Alasannya karena libur Lebaran."

Novaeny Wulandari

Kemendikbud Akui Distribusi Buku Kurikulum 2013 Belum Merata
kurikulum 2013, kemendikbud, pendidikan

KBR, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui pendistribusian buku Kurikulum 2013 belum merata ke sekolah-sekolah di tanah air. Alasannya karena libur Lebaran.

Juru Bicara Kemendikbud, Ibnu Hamad mengatakan alasan lain keterlambatan itu juga karena pengiriman dari percetakan ke sekolah. Karena itu, kementerian mengantisipasi dengan cara mengirimkan data mentah ke sekolah dan mengunggah ke dalam situs rumah belajar.

"Nanti sampai buku itu 100 persen ada dua caranya, Kami mengirimkan CD ke setiap Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. saya sendiri bertugas ke Sulsel pada waktu yang lalu. CD-CDnya dibagikan ke sekolah," ujar Ibnu Hamad dalam perbincangan Sarapan Pagi di KBR, Senin (3/8).

Ibnu mengatakan data mentah kurikulum itu nantinya dijadikan pegangan oleh para guru sambil menunggu buku kurikulum baru sampai ke sekolah-sekolah. Pihaknya belum dapat memastikan kapan buku Kurikulum 2013 sampai ke tangan siswa.

"Kedua, kami telah meng-upload buku-buku ke situs rumah belajar. Jadi kalau ada kesempatan googling di search engine tulis rumah belajar, di situ ada," tamah Ibnu.

Sebelumnya Kemendikbud menargetkan distribusi buku Kurikulum 2013 sudah sampai ke sekolah-sekolah pada hari ini. Daerah yang belum mendapatkan buku di antaranya Garut, Jawa Barat dan Bima, NTB.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • kurikulum 2013
  • kemendikbud
  • pendidikan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!