NASIONAL

Deklarasi Dukungan ISIS di Indonesia Terus Berlanjut

"KBR, Jakarta - Deklarasi dukungan terhadap Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) terus berlanjut. Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Indonesia Suparmi Suprapto mengatakan, dukungan-dukungan itu tersebar di berbagai wilayah di Indonesia."

Guruh Riyanto

Deklarasi Dukungan ISIS di Indonesia Terus Berlanjut
isis, deklarasi, indonesia

KBR, Jakarta - Deklarasi dukungan terhadap Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) terus berlanjut. Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Indonesia Suparmi Suprapto mengatakan, dukungan-dukungan itu tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Di antaranya di Lampung dan Buso, Sulawesi Tenggara. (Baca: Koalisi Ormas Islam Tolak ISIS)

"Juga, kami mengidentifikasi di beberapa tempat tentang rencana deklarasi. Nanti tanggal 12 Agustus akan dilaksanakan di gedung Islamic center di Sidoarjo. Tanggal 15 Agustus 2014, akan dilaksanakan hal yang sama di Lampung. Pada tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan di Buso," kata Kepala Badan Intelkam Kepolisian Indonesia Suparmi Suprapto di Kementerian Agama, Sabtu (9/08).

Kepala Badan Intelkam Kepolisian Indonesia Suparmi Suprapto menambahkan, hingga kini setidaknya ada 9 deklarasi dukungan untuk ISIS terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Deklarasi itu sebagian besar terjadi di hari libur. Diduga ratusan orang sudah melakukan baiat atau pengucapan sumpah dukungan pada ISIS.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia mengaku organisasi masyarakat Islam tidak dapat bekerja optimal mengahadang paham radikal Islam ISIS. Ketua MUI Din Syamsuddin mengatakan, ormas Islam terbatas dalam jumlah anggota dan jangkauan. Terlebih, tidak semua dari mereka memiliki dana cukup untuk bergerak meredam propaganda ISIS. (Baca: MUI Haramkan Gerakan ISIS)

"Yang bergabung dengan ormas Islam sekitar 100 jutaan. Katakanlah ormas Islam berskala nasional itu terbatas jangkauannya. 100 juta lagi adalah umat tak terurus yang tidak terjangkau oleh ormas-ormas Islam. Bisa saja di pinggir jalan ada santri dipengaruhi atas nama Islam," kata Ketua MUI Din Syamsuddin di kantor Kementerian Agama, Sabtu (9/08).

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin meminta ormas Islam untuk membantu meredam penyebaran paham ISIS. Gerakan ISIS di Suriah dan Irak tengah mengupayakan mendirikan kekhalifahan Islam di seluruh dunia. Di berbagai daerah, sudah terdapat deklarasi dukungan dari Indonesia untuk ISIS.

Editor: Nanda Hidayat

  • isis
  • deklarasi
  • indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!