NASIONAL

Arus Balik, Angkutan Yogya-Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

"KBR, Jakarta - Arus balik penumpang dari Yogyakarta ke Sumatera mulai padat hari ini. Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Yogyakarta Agus Rhianto mengatakan, untuk mengangkutnya dibutuhkan bus tambahan sekitar 250 unit dari armada pariwisata."

Ninik Yuniati

Arus Balik, Angkutan Yogya-Sumatera Mulai Dipadati Pemudik
mudik, yogya, sumatera

KBR, Jakarta - Arus balik penumpang dari Yogyakarta ke Sumatera mulai padat hari ini. Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Yogyakarta Agus Rhianto mengatakan, untuk mengangkutnya dibutuhkan bus tambahan sekitar 250 unit dari armada pariwisata.


Ini karena bus reguler tujuan Yogyakarta - Sumatera hanya sekitar 15 unit. Padahal kebanyakan penumpang tujuan Sumatera berasal dari Blitar, Pacitan dan Purworejo. Diperkirakan permintaan tiket tujuan Sumatera masih akan tinggi hingga Selasa pekan depan.

 

"Mulai hari ini perlu banyak tambahan, dari teman-teman dari kendaraan pariwisata banyak yang membantu yang ke sumatera. Kurang lebih, dari kendaraan Sumatera yang ada, itu butuh bantuan hari ini sekitar 250 an kendaraan pariwisata. Hari ini besok, sampai Senin, Selasa, itu masih butuh banyak bantuan," kata Agus, Sabtu (9/8).


Agus menilai jumlah pemudik lebaran tahun 29014 meningkat dibanding tahun 2013, terutama untuk tujuan Jakarta. Padahal sebelumnya, penumpang diprediksi bakal turun 1,5 persen akibat persaingan dengan moda transportasi lain seperti kereta api dan pesawat terbang.


Sumbangan penumpang terbesar terjadi pada arus balik, sementara arus mudik cenderung ajeg. Pasalnya, banyak warga dari daerah yang pergi ke Jakarta untuk tujuan sekolah atau mencari kerja.


Editor: Pebriansyah Ariefana

  • mudik
  • yogya
  • sumatera

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!