NASIONAL

Target Pajak Meleset Akibat Minim SDM

"KBR68H, Jakarta "

Ade Irmansyah

Target Pajak Meleset Akibat Minim SDM
pajak, meleset, Dirjen Pajak

KBR68H, Jakarta – Capaian penerimaan negara dari pajak luput dari target. Direktur Jenderal Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany berdalih minimnya sumber daya manusia menjadi penyebab target penerimaan pajak tak terpenuhi.

Menurut dia, pertumbuhan jumlah pegawai pajak saat ini tak sepesat tuntutan peningkatan target pajak yang ditetapkan oleh DPR. Apalagi, DPR kerap mempersulit Dirjen Pajak untuk memperbanyak kantor wilayah dan SDM. Untuk memaksimalkan penerimaan negara dari pajak, Fuad Rahmany mengklaim membutuhkan 30 ribu pegawai tambahan.

“Kita juga harus menambah kapasitas, nah kapasitas itu termasuk pegawai kita tambah, kantor kita tambah. Kalau gak gitu target kita gak akan pernah tembus 13 persen, padahal pajak ini penting. Padahal pajak ini penting gitu loh. Kapasitas pajak ini kan menentukan penerimaan pajak gitu loh. Dirjen Pajak itu beda dengan instansi lain, kalau instansi lain nambah orang atau nambah kantor itu yang ada cuma biaya kan, kalo Dirjen Pajak kan nambah pemasukan juga. Kita kalau dihitung dari rasio, per orang petugas pajak itu menghasilakn 30 Miliar”, ujarnya kepada wartawan saat acara Open House di kediaman Menteri Keuangan.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany meminta agar penambahan pegawai pajak cukup hanya meminta persetujuan Menteri Keuangan saja. Kata dia hal ini sudah dibicarakan oleh Menteri Keuangan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, namun belum mendapat respon yang positif.

Editor: Suryawijayanti 

  • pajak
  • meleset
  • Dirjen Pajak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!