NASIONAL

Penyebab Dicoretnya 9 Caleg oleh KPU

"Komisi Pemilihan Umum mencoret sembilan calon anggota legislatif 2014 dari Daftar Pemilih Sementara, DPS. Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, kesembilan nama yang dicoret karena terlibat kasus pidana, dan berdasarkan aduan masyarakat. Kemud"

Pipit Permatasari

Penyebab Dicoretnya 9 Caleg oleh KPU
Caleg, KPU, Jakarta

KBR68H, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum mencoret sembilan calon anggota legislatif 2014 dari Daftar Pemilih Sementara, DPS.

Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, kesembilan nama yang dicoret karena terlibat kasus pidana, dan berdasarkan aduan masyarakat. Kemudian hasil laporan diteruskan kepada partai politik agar  mengganti nama mereka.

"Aduannya yah soal hukum,soal dobel ikut serta mereka ada di beberapa partai, masih di BUMN, BUMD, soal ijazah, soal etika. kemarin kan ada 273 kasus atau 185 tanggapan masyarakat," ujar Ferry Kurnia Rizkiyansyah saat dihubungi KBR68H.

Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menambahkan, sembilan caleg yang dicoret di antaranya  caleg PKB, PAN, PPP, Gerindra, Hanura, dan PKPI.

Komisi mencatat ada 273 laporan masyarakat terkait 185 calon legislator yang diterima KPU.  Rencananya hari ini KPU bakal menyerahkan seluruh draf susunan Daftar Pemilih Tetap, DCT kepada partai politik.

Nantinya partai diminta untuk memastikan kebenaran dan akurasi susunan calon yang dibuat oleh KPU. Pengumaman Daftar Calon Tetap sendiri rencananya bakal diumukan KPU Jumat lusa.

Editor: Anto Sidharta

  • Caleg
  • KPU
  • Jakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!