NASIONAL

Pengamat: Senjata Ilegal Sulit Diberantas karena Polisi Bermain

"KBR68H, Jakarta - Peredaran senjata api ilegal sulit diberantas karena adanya keterlibatan internal polisi."

Danu Mahardika

Pengamat: Senjata Ilegal Sulit Diberantas karena Polisi Bermain
senjata ilegal, polisi

KBR68H, Jakarta - Peredaran senjata api ilegal sulit diberantas karena adanya keterlibatan internal polisi. Pengamat Kriminalitas dan Kepolisian, Bambang Widodo Umar mengatakan, polisi yang tidak bertanggung jawab kerap menerima keuntungan dari bisnis tersebut. Karena itu, dia membiarkan bahkan melindungi peredaran senjata tersebut.

"Polisi harus punya tekad. Mati atau hidup dia bertanggung jawab terhadap tugas yang sudah diembannya. Ini yang saya lihat kadang-kadang mereka setengah hati sekarang ini. Mengapa? ya karena kadang-kadang ada, katakanlah kebutuhan materil. Ini merusak rasa pengabdian atau dedikasi para petugas itu," jelas Bambang Widodo Umar dalam Program Sarapan Pagi KBR68H, Rabu (14/8)

Pengamat Kriminalitas dan Kepolisian, Bambang Widodo Umar menambahkan, bisnis senjata ilegal biasanya dilakukan oleh gembong narkotika yang memang membutuhkan senjata api untuk melindungi mereka. Namun kata dia, saat ini senjata ini sudah menyebar ke berbagai pihak lain. Indikasinya adalah adanya kasus-kasus penembakan yang marak belakangan ini.

Editor: Suryawijayanti
 

  • senjata ilegal
  • polisi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!