BERITA

Surplus, Menteri Perdagangan Optimis Hadapi MEA

"Kementerian Perdagangan mengaku optimis Indonesia siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) karena mengalami surplus pada neraca perdagangan."

Ninik Yuniati

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Foto: Antara
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Kementerian Perdagangan mengaku optimis Indonesia siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) karena mengalami surplus neraca perdagangan. Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengatakan, surplus perdagangan terjadi di hampir semua negara-negara di ASEAN bulan lalu maupun selama satu semester. Kata dia, neraca perdagangan hanya mengalami defisit dengan Thailand di sejumlah produk.

"Khusus dengan negara-negara ASEAN, pada bulan Juni dan selama Januari-Juni 2015 hanya mengalami defisit dengan Thailand. Dan produk yang menyebabkan defisit dengan Thailand antara lain kendaraan dan bagiannya, mesin-mesin atau pesawat mekanik, plastik dan barang dari plastik, dan juga gula. Dengan memperhatikan kondisi tersebut dan ke depannya tetap seperti ini, kami optimis menyambut MEA di akhir tahun ini," kata Gobel di BPS, Rabu (15/7/2015).


Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia Juni 2015 surplus sekitar 0,5 miliar dolar Amerika. Surplus ini disumbang oleh sektor nonmigas sekitar 1,6 miliar dolar Amerika. Sementara sektor migas mengalami defisit sekitar 1,2 miliar dolar Amerika.  

Editor: Malika

  • masyarakat ekonomi asean
  • surplus neraca perdagangan
  • surplus 0
  • 5 milyar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!