BERITA

LAPAN: Lebaran Kemungkinan Sabtu, 18 Juli

"Menurut Kepala LAPAN, Thomas Jamaludin, dari pantauan astronomi akan sulit melihat penampakan bulan malam nanti."

Eli Kamilah

LAPAN: Lebaran Kemungkinan Sabtu, 18 Juli
Logo LAPAN. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, 18 Juli. 

Menurut Kepala LAPAN, Thomas Jamaludin, dari pantauan astronomi akan sulit melihat penampakan bulan malam nanti. Sebab, tinggi bulan saat itu bakal kurang dari tiga derajat dan jarak bulan matahari kurang dari enam derajat.

"Karena dari segi kondisi fisiknya, tinggi kurang dari tiga derajat dan jarak kurang dari 6 derajat, itu mustahil untuk bisa di rukyat, apalagi dengan mata telanjang. Teleskopun nggak mungkin. Pendapat saya kalau secara astronomi tentu lebih cenderung ke 18 hari sabtu, karena posisinya itu," katanya kepada KBR, Kamis (16/7/2015).


Sore nanti, Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan apakah Lebaran atau 1 Syawal jatuh hari Jumat 17 Juli atau Sabtu 18 Juli. Penghitungan awal Lebaran ini dengan cara melihat bulan baru. Sebelumnya diperkirakan tahun 2015 ini awal puasa dan Lebaran akan serempak. Tapi belakangan kembali muncul kemungkinan bahwa lebaran tidak akan serempak. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Sidang Isbat
  • Penentuan Lebaran
  • Pantauan LAPAN
  • Posisi Bulan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!