Bagikan:

Komnas HAM Papua: Tak ada Pihak Asing Terlibat Insiden Tolikara

Menurut Komnas HAM Papua, massa mengamuk setelah adanya rentetan tembakan.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 23 Jul 2015 20:28 WIB

Author

Zay Nova

Komnas HAM Papua: Tak ada Pihak Asing Terlibat Insiden Tolikara

Insiden Tolikara, Jumat (17/7/2015). Foto: Antara

KBR, Jakarta-­ Tim Investigasi Komnas HAM menyebut penetapan dua tersangka kasus Tolikara, merupakan perkembangan postif dari Kepolisian. Meski begitu, Perwakilan Komnas HAM Papua, Fritz Ramandey mengatakan timnya masih terus melakukan investigasi di lapangan. Untuk sementara, tim menyebut massa mengamuk setelah adanya rentetan tembakan. Kata Fritz, hasil ini diketahui setelah tim bertemu dengan korban tembak di rumah sakit. 

"Jadi, mereka yang kami kunjungi enam orang itu semuanya, mengalami luka tembak, lengan, paha, kaki, korban mengaku sebelum kebakaran terjadi mereka sudah dulu kena tembak, itu yang jadi pemicu. Kami juga menanyakan terkait biaya pengobatan, pengobatan ditanggung oleh pemerintah daerah," jelas Fritz Ramandey, Kamis (23/7/2015). 

Sementara terkait pernyatan Kepala BIN Sutiyoso yang menyebut kemungkinan ada pihak asing yang menunggangi kerusuhan, Fritz Ramandey menampik hal tersebut. Kata dia, jauh-­jauh hari surat edaran dan pemberitahuan sudah disampaikan bahwa daerah itu memang membatasi kegiatan keagamaan. Kata dia, pembatasan pembangunan rumah-­rumah ibadah sudah berlangsung lama. 

Editor: Malika

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?