BERITA

Ini Rapor Penyerapan Anggaran Kementerian Lembaga

"Presiden Joko Widodo menginstruksikan penyerapan anggaran 2015 cepat direalisasikan."

Aisyah Khairunnisa

Ini Rapor Penyerapan Anggaran Kementerian Lembaga
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo hari ini menggelar sidang kabinet paripurna bersama para menteri dan kepala lembaga untuk membahas penyerapan anggaran 2015. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, total penyerapan anggaran hingga 25 Juni 2015 adalah 35%. Dengan rincian total belanja kementerian lembaga sekitar Rp 640 triliun. Pemerintah menargetkan penyerapan anggaran hingga akhir tahun bisa mencapai 92% dari total R-APBN 2015.

“Perkiraan kita, penyerapan untuk kementerian/lembaga bisa 90-92 % karena memang akan numpuk di triwulan IV,” kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (2/7/2015).


Bambang menambahkan, kementerian yang presentase penyerapannya paling tinggi adalah Kementerian Sosial. Sementara kementerian yang nominal penyerapannya paling besar adalah Kementerian Pertahanan, karena memiliki pagu anggaran yang besar. Sementara itu kementerian dengan penyerapan terendah adalah kementerian yang baru berubah struktur dan nomenklaturnya. Diantaranya adalah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Menurut Bambang, hambatan penyerapan anggaran tahun ini ada pada masalah izin, tanah, dan tender.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan  penyerapan anggaran 2015 cepat direalisasikan. ?Ia meminta agar jajaran kabinetnya tidak takut untuk merealisasikan program kerja.

Editor: Malika

  • anggaran
  • RAPBN
  • Joko Widodo
  • penyerapan anggaran 2015

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!