BERITA

Bibit Samad: Capim KPK Harus Miliki Tiga Kriteria Utama

"Apabila capim terpilih tidak memiliki kriteria itu, dia khawatir keberadaan KPK semakin lemah."

Eli Kamilah

Bibit Samad: Capim KPK Harus Miliki Tiga Kriteria Utama
Logo KPK

KBR, Jakarta - Bekas Pimpinan KPK, Bibit Samad Ryanto menyebut calon pimpinan KPK harus punya tiga kriteria utama. Di antaranya integritas moral, kompetensi dan konsistensi terhadap pemberantasan korupsi. Apabila capim terpilih tidak memiliki kriteria itu, dia khawatir keberadaan KPK semakin lemah.

"Karena KPK ini diharapkan sekaligus dibenci. Diharapkan masyarakat, dan dibenci koruptor. Ini sama-sama kuat. Ada tiga kriteria. Pertama integritas moral, dengan itu dia tidak bisa dipengaruhi kepentingan apapun. Kedua kompetensi dan ketiga konsiten," kata Bibit kepada KBR (8/7/2015).


Panitia Seleksi Pansel capim KPK meloloskan 194 calon pada tahap seleksi administrasi. Hari ini, pansel menggelar tes seleksi tahap dua berupa uji kompetensi dan penulisan makalah. Mereka terdiri dari 46 orang yang berprofesi sebagai advokat/konsultan hukum, 31 orang berasal dari swasta dan BUMN, 28 dosen dan 23 penegak hukum. Selain itu ada 10 capim yang berprofesi sebagai auditor dan 4 calon dari internal KPK.

 

  • kriteria pimpinan KPK
  • Panitia Seleksi KPK
  • Seleksi capim KPK
  • tes seleksi capim KPK

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!