BERITA

Aktivis Antikorupsi Desak Presiden Copot Buwas

"Menurut pengamat politik sekaligus aktivis Koalisi Masyarakat Anti Korupsi Ray Rangkuti, Budi Waseso tidak melakukan perbaikan internal organisasi Polri. "

Aika Renata

Aktivis Antikorupsi Desak Presiden Copot Buwas
Kabareskrim Budi Waseso. Foto: KBR/Aisyah Khairunnisa

KBR, Jakarta- Koalisi Masyarakat Anti Korupsi mendesak Presiden Jokowi mencopot Kepala Bareskrim Budi Waseso karena mengkriminalisasi pejabat dan aktivis antikorupsi. Menurut pengamat politik sekaligus aktivis Koalisi Masyarakat Anti Korupsi Ray Rangkuti, selama Budi Waseso menjabat perbaikan internal organisasi Polri juga tidak berjalan.

"Antara prestasi dengan kontroversi, lebih banyak kontroversinya. Ya kalau itu bagi saya sudah tidak ada tawar menawar kalau saya presiden-nya, saya copot. Nah yang justru jadi pertanyaan kita, Kabareskrim (Budi Waseso) seolah-olah rajin mengungkap kasus korupsi tapi pada saat yang bersamaan dia mengkriminalisasi banyak aktivis anti-korupsi. Bagaimana melihat kontradiksi ini?" ujar Ray Rangkuti kepada KBR, Kamis (16/7/2015)

Sebelumnya, desakan pencopotan Budi Waseso sebagai Kabareskrim sudah dilontarkan tokoh Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif sejak Februari lalu. Buya Syafii menyebut Budi Waseso merupakan aktor dibalik upaya kriminalisasi terhadap KPK. Bahkan, pegiat antikorupsi membuat petisi CopotBuwas di change.org. Petisi itu berhasil mengumpulkan lebih dari 160 ribu pendukung untuk mendesak Presiden Jokowi mencopot Budi Waseso. 

Editor: Malika

  • Buwas
  • Budi Waseso
  • Copot Buwas
  • petisi CopotBuwas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!