NASIONAL

Pasangan Capres-Cawapres Tidak Hadir di Panel Komnas HAM

"KBR, Jakarta- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan ketidakhadiran dua kandidat Capres-Cawapres dalam acara panel HAM yang digelar lembaga tersebut, Kamis (3/7) siang tadi."

Sindhu Darmawan

Pasangan Capres-Cawapres Tidak Hadir di Panel Komnas HAM
capres, panel, HAM

KBR, Jakarta- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan ketidakhadiran dua kandidat Capres-Cawapres dalam acara panel HAM yang digelar lembaga tersebut, Kamis (3/7) siang tadi.

Anggota Komnas HAM Nurkhoiron menilai, kedua pasangan tersebut cenderung meremehkan undangan tersebut. Padahal, tujuan acara tersebut untuk mengetahui lebih detail visi misi keduanya soal HAM. Selain itu, ia mengaku Komnas HAM telah menyiapkan acara tersebut sejak lama.

"Ya tentu sajalah kita menganggap begitu. Meskipun kita juga bisa memaklumi bahwa ini kan memang jadwalnya kampanye. Tapi kan setidak-tidaknya mereka bisa ikut mewakilkan orang yang dianggap tepat untuk mendiskusikan, ikut sharing dalam kaitannya dengan itu Hak Asasi Manusia. Visi misi mereka kan juga tidak dibuat sendiri, kan dibuat oleh tim suksesnya."

Sebelumnya Komnas HAM telah mempersiapkan 7 poin yang akan ditanyakan dalam panel HAM yang digelar oleh Komnas HAM. Poin-poin itu diantaranya, komitmen penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, penyelesaian hukumam mati para TKI di luar negeri, kasus-kasus minoritas, dan penyelesaian kasus pertanahan. 

Kamis (3/7) hari ini Komnas HAM menggelar panel HAM. Namun sayangnya, kedua pasang Capres-Cawapres tidak menghadiri undangan panel tersebut.


Editor: Luviana

  • capres
  • panel
  • HAM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!