NASIONAL

Jelang Lebaran, Komoditi Pangan Tahun ini Berlebih

"KBR, Jakarta "

Yuriantin

Jelang Lebaran, Komoditi Pangan Tahun ini Berlebih
Lebaran, Komoditi Pangan, tahun ini

KBR, Jakarta – Sejumlah komoditi pangan tahun ini mengalami kelebihan stok jelang lebaran. Ketua Bidang Usaha Jasa Perdagangan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, Benny Kusbini mengatakan, komoditi itu antara lain tomat, cabai dan bawang yang mengalami stok berlebih. Menurutnya, stok yang berlebih tersebut akibat hasil panen yang berlimpah dan impor yang dilakukan pedagang. (Baca: Jelang Lebaran Stok Sembako Aman)


“Cukup, artinya cukup. Mungkin kesalahan petani juga, masing-masing berharap di lebaran ini naik, jadi masing-masing menanam cukup banyak. Akhirnya terjadi over supplier, apakah tomat, apakah itu cabai, apa bawang. Termasuk juga importir yang menyetok beberapa barang impor, mungkin berlomba-lomba mengimpor akhirnya terjadi over stock seperti ini,” kata Benny Kusbini (26/7).

Benny menambahkan, ketersediaan komoditi ini disebabkan distribusi yang semakin lancar. Menurutnya, lancarnya distribusi tersebut karena arus transportasi yang lebih baik dari daerah penghasil komoditi ke pasar. (Baca: Peningkatan Stok Pangan Selesai Sebelum Lebaran)

Ia menegaskan koordinasi dan persiapan antar instansi yang baik, terutama di bagian perhubungan menyebabkan lancarnya distribusi komoditi tersebut. Untuk kenaikan beberapa harga komoditi, Benny menilai kenaikan tersebut masih dalam taraf yang wajar. Harga komoditi seperti ayam dan daging menurutnya justru akan turun setelah lebaran. Karena, stok lebaran yang disediakan pasti akan berlebih, akibat dari peningkatan produksi.

Editor: Nanda Hidayat

  • Lebaran
  • Komoditi Pangan
  • tahun ini

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!