NASIONAL

Eva Kusuma: Sulit Cari Calon Hakim Agung Berintegritas

"KBR, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR, Eva Kusuma Sundari menilai saat ini sulit mencari calon Hakim Agung yang berintegritas. Menurut Eva, integritas sebagai modal utama untuk menjadi Hakim Agung."

Sindhu Darmawan

Eva Kusuma: Sulit Cari Calon Hakim Agung Berintegritas
eva kusuma, KY, hakim

KBR, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR, Eva Kusuma Sundari menilai saat ini sulit mencari calon Hakim Agung yang berintegritas. Menurut Eva, integritas sebagai modal utama untuk menjadi Hakim Agung.

Eva mengingatkan Komisi Yudisial perlu mengajukan calon-calon Hakim Agung yang berintegritas dan berkompeten kepada DPR. Eva juga menilai selama ini sedikit Hakim Agung yang berintegritas. Makanya penegakkan hukum menjadi gagal.

"Karena integritas itu menjadi problem utama dari penegak hukum, baru kompetensi. Nyari orang baik itu loh yang sekarang sulit. Hukum kan gagal karena integritas dan kemudian kompetensi yang rendah," jelas Eva.

Saat ini Komisi Yudisial menyeleksi 11 calon Hakim Agung untuk menutupi kebutuhan hakim di lembaga peradilan tersebut. Pada proses seleksi akhir ini, nantinya KY akan memilih 7 orang calon Hakim Agung yang akan diserahkan ke DPR.

Pengumuman 7 calon Hakim Agung tersebut kemungkinan akan dilakukan pekan depan. KY berharap DPR tidak kembali menolak usulan calon hakim agung yang diajukan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • eva kusuma
  • KY
  • hakim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!