NASIONAL

Dana Abadi Pendidikan Bertambah Rp 6,5 Triliun

"KBR, Jakarta - Kementerian Pendidikan kembali menggelontorkan dana abadi pendidikan sebesar Rp 6,5 triliun dari APBN Perubahan 2014. Dana tersebut dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)."

Eli Kamilah

Dana Abadi Pendidikan Bertambah Rp 6,5 Triliun
pendidikan, dana, APBN

KBR, Jakarta - Kementerian Pendidikan kembali menggelontorkan dana abadi pendidikan sebesar Rp 6,5 triliun dari APBN Perubahan 2014. Dana tersebut dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Juru Bicara Kemendikbud Ibnu Hamad mengatakan hingga tahun ini, dana abadi yang tersimpan di LPDP bertambah menjadi Rp 17,5 triliun. Dia mengklaim dana ini nantinya untuk beasiswa pendidikan, pembiayaan riset dan rehabilitasi sekolah rusak karena bencana alam.

"Nah jadi dana abadi itu yang dimanfaatkan adalah bunganya saja. Jadi digunakan untuk beasiswa, research dan strategy, serta untuk kepentingan penaanggulangan bencana alam. Kalau misalnya ada sekolah rusak karena ada bencana alam, maka diambil dari situ," kata Ibnu Hamad kepada KBR, Selasa (1/7).

Sebelumnya, Dana Abadi Pendidikan merupakan inisiatif Menteri Keuangan pada masa Sri Mulyani tahun 2010. Dana ini berasal dari dana yang disisihkan dari 20 persen APBN yang digunakan untuk anggaran pendidikan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • pendidikan
  • dana
  • APBN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!