NASIONAL

Survei: 86 Persen Siswa Setuju Aksi Bullying dalam Ospek

"KBR68H, Jakarta - Yayasan yang bergerak di bidang perlindungan hak anak, Sejiwa mencatat 86 persen dari 500 mahasiswa di kota besar di Indonesia setuju atas perilaku bullying saat Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus)."

Erric Permana

Survei: 86 Persen Siswa Setuju Aksi Bullying dalam Ospek
masa orientasi sekolah, bullying, survei

KBR68H, Jakarta - Yayasan yang bergerak di bidang perlindungan hak anak, Sejiwa mencatat 86 persen dari 500 mahasiswa di kota besar di Indonesia setuju atas perilaku bullying saat Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Peneliti Sejiwa Dewi Fena Arsella mengatakan ratusan mahasiswa tersebut berasal dari SMA di 89 kota. Saat masih duduk di bangku sekolah, mereka pernah terlibat dalam aktivitas bulying ini.

“Alasan mereka menyetujui perilaku bulying itu positif untuk membentuk mental siswa. Mereka juga menganggap korban bulying agar menghormati kakak kelasnya,” ujarnya.

Peneliti Sejiwa Dewi Fena Arsella juga meminta Masa Orientasi Siswa (MOS) segera dihapuskan. Akibat MOS ini, Aninda Puspita, seorang siswi SMKN 1 Pandak Bantul, Yogyakarta meninggal. Dia sempat pingsan setelah diperintahkan untuk squat jump dan meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit.

Editor: Doddy Rosadi

  • masa orientasi sekolah
  • bullying
  • survei

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!