Bagikan:

Cek Fakta Salah Satu Hoaks Terkait Penemuan Eril di Awal Juni

Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 4 - 10 Juni 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Rabu, 15 Jun 2022 19:31 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta Salah Satu Hoaks Terkait Penemuan Eril di Awal Juni

Cek Fakta Salah Satu Hoaks Terkait Penemuan Eril di Awal Juni

Beredar video berjudul "Eril Kamil Terseret Arus, Sampai Sejauh 800 Meter, Dan Di Temukan Sosok Ini" yang diunggah oleh sebuah kanal Youtube. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 4 - 10 Juni 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video yang Menyebut Eril Kamil Terseret Arus Sampai 800 Meter dan Ditemukan Seseorang

Beredar video berjudul "Eril Kamil Terseret Arus, Sampai Sejauh 800 Meter, Dan Di Temukan Sosok Ini" yang diunggah oleh sebuah kanal Youtube.

Narasi yang mengklaim Ucapan Stalin tentang Pemilu

Sebuah akun TikTok mengunggah sebuah foto mantan pemimpin Rusia, Joseph Stalin. Foto tersebut juga disertai dengan sebuah narasi terkait pemilu yang diklaim sebagai kutipan dari ucapan Stalin. Narasinya menyebut bahwa "Orang yang memberikan vote (suara) tidak menentukan hasil dari pemilu. Namun orang-orang yg menghitung vote itulah yang menentukan hasil dari pemilu"

Tangkapan Layar Artikel soal Kolektor Mobil Esemka yang Harus Puasa saat Ditanya Penampakan Mobil

Sebuah akun Facebook pada 2 Juni 2022 memposting sebuah gambar tangkapan layar mirip artikel milik Detik.com. Artikel tersebut berjudul "Kolektor mobil esemka asal Jawa Tengah mempunyai ribuan koleksi esemka dari berbagai tipe. ketika ditanya penampakan mobilnya dia menjawab 'Harus puasa mutih dulu mas'."

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Resky Mesanto dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Baca Juga:

Cek Fakta : Spanduk “Masjid ini Tidak Mensholatkan Jenazah yang Tidak Membeli Tiket Formula E”

Cek Fakta : Benarkah 212 Mart Sponsor Resmi Ajang Formula E?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending