BERITA

COVID-19, Kemenkes Siapkan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun

"BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai."

Astri Yuanasari

COVID-19, Kemenkes Siapkan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun
Siswa kelas 2 SD Saraswati 6 Denpasar, Bali disuntik vaksinasi tetanus difteri pada (5/11/2020). (Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo)

KBR, Jakarta - Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait untuk melakukan persiapan pelaksanaan vaksinasi anak usia 12-17 tahun. 

Hal ini dilakukan seiring telah terbitnya izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Ya sesegera mungkin kita lagi siapkan untuk pelaksanaannya, koordinasinya, dengan pos pelaksanaan vaksinasi, kemudian pendistribusian terkait kebutuhan vaksinnya seperti itu. Cepatlah dalam minggu ini kita selesaikan, biar kita bisa vaksinasi," kata Nadia kepada KBR, Senin (28/6/2021).

Nadia mengatakan, nantinya pelaksanaan vaksinasi untuk anak dan remaja akan dilakukan di sentra-sentra vaksinasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 

Kata dia, pemerintah tetap akan menambah stok vaksin disesuaikan dengan jumlah target vaksinasi yang bertambah untuk anak usia 12-17 tahun ini

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa BPOM telah mengeluarkan penggunaan izin darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun. 

Vaksin asal Tiongkok tersebut dinyatakan aman digunakan pada anak-anak. Kini, anak usia 12-17 tahun di Indonesia pun sudah bisa divaksinasi Covid-19.

"BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai. Untuk itu saya mohon kepada bapak ibu dan saudara-saudara, kita semua untuk tidak ragu divaksinasi," ujar Jokowi via kanal Youtube Sekretariat Presiden (28/6/2021).

Editor: Fadli Gaper

  • Vaksinasi Anak
  • Sinovac
  • Vaksin Anak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!