BERITA

BI Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen

"''Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16 dan 17 Juni 2021 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) tetap sebesar 3,50 persen,""

Astri Septiani

BI Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen
ilustrasi

KBR, Jakarta - Bank Indonesia menahan suku bunga acuan, atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI-7DRR) sebesar 3,50 persen. 

Hal ini disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo usai rapat Dewan Gubernur BI bulan Juni 2021.

''Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16 dan 17 Juni 2021 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) tetap sebesar 3,50 persen, suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 2,75 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25 persen,'' kata Perry saat konferensi pers secara daring, Kamis (17/06/2021).

Perry menjelaskan, keputusan Bank Indonesia ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai tukar Rupiah yang terjaga. 

"Keputusan ini juga untuk memperkuat pemulihan ekonomi," katanya.

Bank Indonesia, tambah Perry, juga terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran Indonesia. 

"Hal ini guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional lebih lanjut melalui berbagai langkah kebijakan," imbuhnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • Suku bunga acuan
  • dewan gubernur BI
  • Bank Indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!