BERITA

Milenial Tidak Peduli Sidang Sengketa Pilpres?

Milenial Tidak Peduli Sidang Sengketa Pilpres?

KBR, Jakarta – Menurut data Bappenas, saat ini ada sekitar 63 juta generasi milenial di Indonesia yang usianya berkisar 20 – 35 tahun. Sampel yang diwawancara kantor berita Antara, umumnya milenial mengaku tidak tertarik soal politik, termasuk soal sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK)

Fajar (23), misalnya. Ia mengaku tidak tahu-menahu soal sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang digelar MK sejak pekan lalu.

Gak tertarik soalnya. Gak ngikutin (proses sidang) juga,” katanya di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (19/6/2019).

Ada lagi pendapat Dwi Utami (25). Meski tahu ada sidang MK, ia mengaku tidak peduli. “Saya tahu ada sidang (sengketa Pilpres) di MK, tapi gak ngikutin soalnya nggak terlalu peduli. Menurutku itu hanya drama politik saja,” katanya.

Dwi menganggap, sidang MK tidak akan memengaruhi hasil Pilpres yang sudah ditetapkan KPU.

Ada lagi pendapat dari Edi (19). Ia menyayangkan perselisihan politik yang terjadi belakangan ini. “Saya maunya aman-aman saja, tidak usah berselisih. Kalau sudah ditentukan menang ya sudah terima saja,” tutur pemuda asal Lampung itu.

Edi berharap, keputusan MK nanti adil, bisa diterima seluruh masyarakat, dan tidak memicu konflik apapun.


Editor: Rony Sitanggang


Baca Juga: Mengulik Pandangan Milenial, Dari Poligami sampai Pemilu


Survei: Mayoritas Milenial Tidak Tertarik Isu Politik

Beberapa survei memang menunjukkan bahwa mayoritas milenial tidak tertarik pada politik.

Survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tahun 2017, misalnya. Berdasar survei pada 600 orang dengan rentang usia 17 – 29 tahun, CSIS menemukan hanya sekitar 50 persen yang membaca media online tiap hari.

Minat terbesar mereka adalah olahraga, musik dan film. Sedangkan isu politik hanya diminati sekitar 2 persennya saja.

Hal serupa juga muncul dalam laporan Indonesia Millenial Report 2019 yang dirilis IDN Research Center.

Dari hasil survei terhadap 1.400 milenial di 12 kota besar Indonesia, mereka menemukan mayoritas milenial tidak menyukai berita politik. Mereka umumnya menganggap politik sebagai isu yang “berat” dan membosankan.

Dalam mengonsumsi berita, mereka lebih menyukai isu-isu tentang gaya hidup seperti film, musik, atau teknologi.

  • milenial
  • sidang MK
  • gugatan Pilpres 2019

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!