Kemenhub Beberkan Alasan Sistem One Way Diperpanjang

Kementerian Perhubungan berencana memperpanjang kebijakan sistem jalur satu arah atau one way hingga 3 Juni 2019.

BERITA , NASIONAL

Senin, 03 Jun 2019 14:56 WIB

Author

Heru Haetami

Kemenhub Beberkan Alasan Sistem One Way Diperpanjang

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). (Foto: ANTARA/ Dedhez Anggara)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan berencana memperpanjang kebijakan sistem jalur satu arah atau one way selama mudik Lebaran 2019. Mulanya penerapan kebijakan ini hanya berlaku hingga 2 Juni 2019.

Namun karena menurut Kepala Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kemenhub, Sigit Irfansyah, kebijakan one way dianggap ampuh mengurai kepadatan di jalan tol. Maka penerapannya bakal diperpanjang satu hari.

"Dengan diberlakukannya kebijakan one way cukup luar biasa membawa dampak pergerakan yang lebih cepat. Malah kadang-kadang di beberapa jam itu one way gabung contra flow. Itu sifatnya kondisional," kata Sigit saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (3/06/2019).

Ia mengklaim, kebijakan tersebut solutif meringkas waktu tempuh para pemudik menuju kampung halaman.

"Mayoritas memang yah jalan tol jadi luar biasa. Dengan yang semula one way itu 4 hari, sekarang tambah 1 hari jadi 5 hari."

Selain penerapan sistem satu arah, Kemenhub juga menggunakan sistem contra flow. Sigit mengatakan, pada kondisi tertentu dua kebijakan ini dilakukan secara bersamaan.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17