BERITA

Wanjakti Belum Serahkan Nama Pengganti Badrodin Haiti

"Kita harap masyarakat tidak perlu terlalu terburu buru dan berandai andai kalau kapolri ini nanti akan begini begini," kata Agus di Mabes Polri."

Gilang Ramadhan

Wanjakti Belum Serahkan Nama Pengganti Badrodin Haiti
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar (kiri) didampingi Kepala Biro Penerangan Umum Mabes Polri Brigjen Pol Agus Rianto (kanan) menggelar konferensi pers terkait penangkapan terduga

KBR, Jakarta - Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) belum mengeluarkan nama-nama calon pengganti Kapolri Badrodin Haiti ke Presiden Joko Widodo.

Juru bicara Polri, Agus Rianto mengaku tidak bisa memastikan kapan Wanjakti mengeluarkan nama yang akan direkomendasikan menduduki jabatan Kapolri. Ia meminta masyarakat tidak memaksa Presiden RI segera mengumumkan siapa pengganti Kapolri. Presiden pasti sedang mempertimbangkannya.


"Apapun keputusannya tentu semua dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kita harap masyarakat tidak perlu terlalu terburu buru dan berandai andai kalau kapolri ini nanti akan begini begini," kata Agus di Mabes Polri, Senin (13/06/26).


Jabatan Kapolri Badrodin Haiti akan habis pada 1 Agustus 2016 mendatang. Badrodin memasuki usia pensiun anggota Polri 58 tahun. Jabatan Badrodin bisa diperpanjang bila ada aturan baru berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) atau Peratutan Presiden (Perpres).


Saat ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki sembilan jenderal bintang tiga. Tujuh diantaranya berpeluang menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti.


Mereka antara lain Wakil Kepala Kepolisian RI Budi Gunawan, Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Tito Karnavian, Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Syafruddin, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Putut Eko Bayuseno, Inspektur Pengawasan Umum Dwi Priyatno, dan Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional Suhardi Alius.


Dua jenderal bintang tiga lainnya yakni bekas Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Anang Iskandar dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Noer Ali dipastikan tidak masuk dalam bursa Kapolri. Alasannya, Anang Iskandar sudah memasuki masa pensiun bulan lalu. Sedangkan, Kabaintelkam Noer Ali akan memasuki masa pensiun pada Oktober mendatang.





Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • jabatan kapolri
  • pengganti kapolri
  • Wanjakti
  • Kapolri Badrodin Haiti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!