Hati-Hati Ketika Mudik, Potensi Bencana Masih Tinggi

Potensi banjir dan longsor terjadi di sekitar pantai utara Jawa, di bagian timur Sumatera, termasuk di daerah-daerah sekitar sungai.

BERITA | NASIONAL

Senin, 20 Jun 2016 13:00 WIB

Author

Ria Apriyani

Hati-Hati Ketika Mudik, Potensi Bencana Masih Tinggi

Ilustrasi. Pemudik. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemudik berhati-hati.  Pasalnya, curah hujan di H-7 Lebaran masih tinggi. Juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan hal itu berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

"Potensi banjir dan longsor tetap tinggi. Terutama untuk banjir di sekitar pantai utara Jawa, di bagian timur Sumatera, termasuk di daerah-daerah sekitar sungai,"ucapnya kepada media, Senin(20/6/2016).

Ia melanjutkan,"kemudian untuk longsor di daerah-daerah Sumatera bagian tengah, Bukit Barisan dari Aceh sampai Lampung. Di Jawa adalah Jawa bagian tengah dan selatan."

Untuk wilayah Jawa, kawasan Baleendah Bandung, Subang, Indramayu, Pandeglang dan Bengawan Solo juga rawan banjir. Sedangkan, di wilayah tengah Jawa yang didominasi perbukitan patut diwaspadai potensi longsor seperti di Bogor, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo  dan Karanganyar.

Selain banjir dan longsor, pemudik juga diminta hati-hati terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi dan puting beliung. Sedangkan pemudik yang akan ke Bali diminta mewaspadai banjir rob.

Tahun ini, BNPB akan membagikan 10.000 peta potensi bencana di jalur mudik. Peta akan dibagikan di Jawa, Sumatera, dan Bali. Selain itu, nantinya, pemudik juga bisa mengunduh sendiri peta tersebut di situs http://bnpb.go.id/ 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN