BERITA

Hati-Hati Ketika Mudik, Potensi Bencana Masih Tinggi

"Potensi banjir dan longsor terjadi di sekitar pantai utara Jawa, di bagian timur Sumatera, termasuk di daerah-daerah sekitar sungai."

Ria Apriyani

Hati-Hati Ketika Mudik, Potensi Bencana Masih Tinggi
Ilustrasi. Pemudik. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemudik berhati-hati.  Pasalnya, curah hujan di H-7 Lebaran masih tinggi. Juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan hal itu berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

"Potensi banjir dan longsor tetap tinggi. Terutama untuk banjir di sekitar pantai utara Jawa, di bagian timur Sumatera, termasuk di daerah-daerah sekitar sungai,"ucapnya kepada media, Senin(20/6/2016).

Ia melanjutkan,"kemudian untuk longsor di daerah-daerah Sumatera bagian tengah, Bukit Barisan dari Aceh sampai Lampung. Di Jawa adalah Jawa bagian tengah dan selatan."

Untuk wilayah Jawa, kawasan Baleendah Bandung, Subang, Indramayu, Pandeglang dan Bengawan Solo juga rawan banjir. Sedangkan, di wilayah tengah Jawa yang didominasi perbukitan patut diwaspadai potensi longsor seperti di Bogor, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo  dan Karanganyar.

Selain banjir dan longsor, pemudik juga diminta hati-hati terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi dan puting beliung. Sedangkan pemudik yang akan ke Bali diminta mewaspadai banjir rob.

    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/06-2016/siaga_satu_rob_pantai_selatan__bpbd_cilacap_kerahkan_225_personil/82362.html">Siaga Satu Rob Pantai Selatan, BPBD Cilacap Kerahkan 225 Personil&nbsp;</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/06-2016/bpbd_banyuwangi_minta_masyarakat_waspada_longsor/82370.html">BPBD Banyuwangi Minta Masyarakat Waspada Longsor&nbsp;</a>&nbsp;</b><br>
    

Tahun ini, BNPB akan membagikan 10.000 peta potensi bencana di jalur mudik. Peta akan dibagikan di Jawa, Sumatera, dan Bali. Selain itu, nantinya, pemudik juga bisa mengunduh sendiri peta tersebut di situs http://bnpb.go.id/ 

Editor: Malika

  • BNPB
  • sutopo
  • mudik 2016
  • bencana alam
  • banjir dan longsor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!