Hadapi Mudik, Angkasa Pura II Masih Ukur Kesiapan Terminal 3 Ultimate

PT Angkasa Pura II belum dapat memastikan operasional terminal 3 Ultimate untuk melayani arus mudik tahun 2016 di Bandara Soekarno-Hatta.

BERITA | NASIONAL

Minggu, 26 Jun 2016 14:00 WIB

Author

Yudi Rachman

Foto: Antara

Foto: Antara

KBR, Jakarta - PT Angkasa Pura II belum dapat memastikan operasional terminal 3 Ultimate untuk melayani arus mudik tahun 2016 di Bandara Soekarno-Hatta. Padahal pengoperasian Terminal 3 Ultimate sempat dijadwalkan akan mulai beroperasi pada 20 Juni lalu.  Hal itu dikarenakan masih adanya catatan kekurangan fasilitas dan peralatan yang belum terpenuhi oleh Angkasa Pura II.

Menurut Juru bicara PT Angkasa Pura II Khaerul Anwar, pihaknya akan terus memaksimal penyempurnaan fasilitas dan peralatan terminal 3 Ultimate tersebut. Namun untuk perizinan, Angkasa Pura II masih menunggu Kementerian Perhubungan untuk memberikan izin operasional terminal tersebut.

"Disampaikan oleh Kementerian Perhubungan masih terdapat beberapa kekurangan-kekurangan atau hal-hal yang harus dipenuhi oleh Angkasa Pura II.  Intinya kita akan tetap terus bekerja semaksimal mungkin. Kita terus melengkapi fasilitas maupun peralatan yang ada di terminal 3 Ultimate.Mengenai perihal kapan terminal itu dioperasikan, itu tergantung dari Kementerian Perhubungan sebagai bagian dari pemerintah karena mereka yang mempunyai kewenangan untuk itu," jelas Juru bicara Angkasa Pura II Khaerul Anwar kepada KBR, Sabtu (25/6) sore.

Khaerul Anwar belum dapat memastikan apakah Terminal 3 Ultimate dapat digunakan dalam musim mudik 2016 ini. Karena pihaknya belum mendapatkan izin pengoperasian dari Kementerian Perhubungan. 

Sebelumnya, berdasarkan hasil verifikasi lapangan pada 16 Juni 2016, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan Terminal 3 Ultimate belum bisa beroperasi. Alasannya, masih ada beberapa persyaratan keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang belum terpenuhi. Di bidang keselamatan, persyaratan bidang prasarana sisi udara seperti marka apron, peralatan dan utilitas, dan keselamatan lingkungan di Terminal 3 Ultimate belum terpenuhi. Sementara itu dari sisi keamanan penerbangan, ada beberapa hal yang masih belum memenuhi syarat. Di antaranya masih terdapat kekurangan personil keamanan penerbangan. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17