BERITA

Pansel KPK: Hampir 500 Orang Daftar Jadi Capim KPK

"Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK sudah mengantongi 485 orang yang mendaftarkan diri dalam bursa pemilihan calon pimpinan KPK."

Erric Permana

Pansel KPK: Hampir 500 Orang Daftar Jadi Capim KPK
Pansel Pimpinan KPK. (Foto: Aisyah Khairunnisa)

KBR, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK sudah mengantongi 485 orang yang mendaftarkan diri dalam bursa pemilihan calon pimpinan KPK. Juru Bicara Pansel KPK, Betty Alisyahbana mengatakan dari keseluruhan nama calon tersebut ada 39 perempuan yang mendaftar dari seluruh Indonesia.

Kata dia, pihaknya akan mempublikasi nama-nama calon pimpinan KPK tersebut setelah melewati tahap administrasi kepada publik pada tanggal 4 Juli mendatang.


“Kita akan berikan ketika masuk daftar pendek karena kita pararel kan. Sambil kita melakukan interview itu nanti kita melakukan penelusuran rekam jejak. Jadi rencananya setelah administrasi tanggal 8 itu ada penelaah makalah yah, jadi ada makalah diri dan makalah kompetensi. Setelah itu kalau tidak salah tanggal 15 kita umumkan penelaahan makalah itu dari situ penelusuran sudah mulai dilakukan. Baik oleh KPK, PPATK, Kepolisian, Kejaksaan, BIN dan lain sebagainya," ujar Betty saat dihubungi KBR


Juru Bicara Pansel KPK, Betty Alisyahbana menambahkan, pihaknya membantah kalau ada nama titipan dari berbagai lembaga lain dalam bursa pencalonan KPK ini. Meski demikian dia mengakui ada nama-nama dari instansi lain seperti TNI, POLRI, dan Kejaksaan yang mencalonkan kader terbaiknya dalam pencalonan pimpinan KPK ini. Namun dia memastikan pencalonan mereka atas kemauan pribadi dan tidak membawa misi masing-masing instansi mereka berasal.


Editor: Erric Permana 

  • KPK
  • Pansel KPK
  • Betty Alisjahbana
  • pimpinan kpk
  • anti-korupsi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!