NASIONAL

Diadukan Korban Kudatuli, Komisi Pertahanan Janji Tanyakan Sutiyoso

"Bahkan Komisi Pertahanan DPR menyebut laporan itu akan menjadi catatan khusus dalam uji kelayakan dan kepatutan Sutiyoso sebagai kepala BIN"

Ade Irmansyah

Diadukan Korban Kudatuli, Komisi Pertahanan Janji Tanyakan Sutiyoso
Ilustrasi

KBR, Jakarta- Komisi Pertahanan DPR berjanji bakal menindaklanjuti keterangan Korban kekerasan tragedi 27 Juli (Kudatuli), Hendrik Dikson Sirait. Wakil Ketua Komisi Pertahanan, Asril Hamzah Tanjung mengatakan laporan ini akan menjadi catatan khusus dalam tes uji kelayakan dan kepatutan dan kelayakan Sutiyoso akhir bulan nanti. Dia juga berjanji bakal meminta penjelasan soal keterlibatan Sutiyoso dalam kasus tersebut.

“Anak-anak PBHI itu ingin, terutama korban itu tidak dalam kondisi menolak ataupun menerima Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Dia hanya ingin Pak Sutiyoso sebagai penanggungjawab waktu Kudatuli itu untuk memberitahu bahwa memang terjadi seperti itu, itu saja yang dia harapkan," ujarnya kepada wartawan di kantor Komisi I DPR, Kamis (25/6). 

"Kita dari Komisi I, tentu menerima semua aspirasi yang masuk, baik yang dari pihak ini mungkin kita juga harus mengkroscek dari pihak lain karena hukum tidak mungkin dari satu pihak,” tambahnya.

Sebelumnya, Korban kekerasan tragedi 27 Juli atau Kudatuli meminta calon Kepala Badan Intelegen Negara (BIN), Sutiyoso mengakui kesalahannya kepada seluruh rakyat Indonesia. Saat kerusuhan, Sutiyoso yang berpangkat Mayjen dan menjabat sebagai Pangdam Jaya, dituduh terlibat dalam kerusuhan berdarah tersebut. 

Editor: Dimas Rizky

  • sutiyoso
  • kudatuli
  • kasus 27 juli
  • Korban Kekerasan Aparat
  • Komisi Pertahanan DPR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!