BERITA

Datangi MA, KPK Curhat Soal Praperadilan

"Sejumlah Pimpinan KPK menyampaikan keluh kesah soal maraknya praperadilan kepada Mahkamah Agung."

Bambang Hari

Datangi MA, KPK Curhat Soal Praperadilan

KBR, Jakarta- Sejumlah pimpinan KPK menyampaikan keluh kesah ke Mahkamah Agung soal maraknya praperadilan ke lembaga itu. Salah satu pimpinan yang hadir, Johan Budi menjelaskan, KPK khawatir kedepannya praperadilan bakal menyulitkan lembaga hukum lain, semisal Kejaksaan maupun Polri. Dalam kasus praperadilan terhadap lembaganya, Johan menyebut banyaknya putusan hakim yang tidak sama, satu dengan yang lainnya.

"Pada dasarnya kami ingin berdiskusi berkaitan dengan hiruk pikuk praperadilan yang putusannya tidak seragam, kemudian topik yang sama putusan berbeda kemudian soal putusan hakim yang tidak dimohon misalnya menghentikan penyidikan," paparnya.


Selain itu dia menambahkan, KPK juga sempat memberi beberapa opsi terkait situasi ini. Salah satunya dengan menyarankan MA menerbitkan SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung). Namun menurut Johan, MA belum menjawab terkait opsi itu. Ketua MA kata Johan, hanya menyampaikan keputusan praperadilan tidak bisa diintervensi oleh lembaganya.

Editor: Dimas Rizky

  • praperadilan
  • Pimpinan KPK
  • Mahkamah Agung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!