BERITA

Anggota FPDIP Klaim Seluruh Fraksi Setuju Sutiyoso jadi Kepala BIN

"Uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso di DPR, Selasa pekan depan diperkirakan berjalan mulus."

Yudi Rachman

Anggota Komisi Intelijen DPR Charles Honoris  (Kiri). Foto: Antara
Anggota Komisi Intelijen DPR Charles Honoris (Kiri). Foto: Antara

KBR, Jakarta - Uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso di DPR, Selasa pekan depan diperkirakan berjalan mulus. Anggota Komisi Intelijen DPR Charles Honoris mengatakan, itu dikarenakan tidak ada fraksi di Komisi I DPR yang menolak pencalonan bekas Gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon kepala BIN. Selain itu, DPR juga menghargai nama kepala BIN yang diajukan oleh Presiden Jokowi.

"Rencana minggu depan, kalau tidak salah tanggal 30. Seperti saya bilang tadi, presiden memiliki penilaian sendiri terhadap calon KA BIN. Ini akan jadi bahan pertimbangan kami setelah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan minggu depan. Jadi kami belum banyak berkomentar soal Kepala BIN ini sampai nanti dilakukan uji kelayakan. Tetapi, dari sekian fraksi yang ada di DPR hari ini saya rasa tidak ada masalah, relatif mulus, teman-teman juga menghargai pilihan presiden," jelas Anggota Komisi I DPR Charles Honoris kepada KBR, Minggu (28/6).


Anggota Komisi Intelijen DPR Charles Honoris menambahkan, dalam uji kelayakan nanti DPR juga akan mempertanyakan soal solusi lemahnya koordinasi intelijen antar lembaga. Tak hanya itu, DPR juga akan mempertanyakan rencana pengamanan intelijen dalam menjaga keamanan dalam pilkada serentak Desember mendatang.  


Editor: Rony Sitanggang
  • sutiyoso
  • kepala bin
  • charles honoris
  • uji kelayakan dan kepatutan sutiyoso

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!