NASIONAL

Petani Kebingungan Soal Pola Tanam saat Kemarau Basah

"KBR68H, Jakarta "

Khusnul Khotimah

Petani Kebingungan Soal Pola Tanam saat Kemarau Basah
pola tanam, petani, kemarau basah, portalkbr.com

KBR68H, Jakarta – Para petani merasa kebingungan soal strategi pola tanam mengingat kemarau basah yang terjadi saat ini. Ketua Asosiasi Petani Beras Indonesia Nuril Arifin mengatakan, penyebabnya karena Kementerian Pertanian tak memberikan informasi dan sosialisasi yang cukup. Kata Nuril, kondisi tersebut membuat petani ragu untuk mulai menanam. Padahal biasanya pada bulan ini petani sudah menanam tanaman palawija karena sudah masuk musim kemarau. (Baca: Hadapi Kemarau Basah, Kementan Ubah Strategi Pola Tanam)

“Harusnya Penyuluh Pertanian, kepala desa, Departamen Penerangan harus turun ke bawah, sehingga petani mendapat informasi yang valid tentang pertanian. Persoalannya kan merubah kebiasaan itu kan susah. Pada Bulan Maret itu ngareng, kebiasaan petani menanamnya Palawija. Nah kalau sekarang mau tanam padi, siapa yang bisa menjamin Sepetember tidak hujan, “ ujar Ketua Asosiasi Petani Beras Indonesia Nuril Arifin.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya menyatakan kemarau basah diperkirakan terjadi hingga Agustus mendatang. Kemarau basah adalah musim yang seharusnya mengindikasikan tanda-tanda kering, justru masih hujan. Padahal biasanya musim kemarau berlangsung dari April hingga Oktober. (Baca: Juni, Wilayah Jawa Memasuki Musim Kemarau)


Editor: Nanda Hidayat

  • pola tanam
  • petani
  • kemarau basah
  • portalkbr.com

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!