NASIONAL

Pemerintah Bakal Tambah Bantuan Siswa Miskin

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Komisi Pendidikan DPR sepakat menambah penerima program Bantuan Siswa miskin menjadi 13,5 juta."

Guruh Dwi Riyanto

Pemerintah Bakal Tambah Bantuan Siswa Miskin
bantuan, siswa miskin, m nuh

KBR68H, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Komisi Pendidikan DPR sepakat menambah penerima program Bantuan Siswa miskin menjadi 13,5 juta.

Menteri Pendidikan Muhammad Nuh mengatakan, sebelumnya program ini hanya menyasar lima juta anak. Menurut Menteri Nuh, penambahan anggaran Rp 6 triliunan itu merupakan kompensasi pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak. Ia merencanakan bantuan ini cair pada awal tahun ajaran 2013.

“Penyalurannya insya allah kita harapkan itu akhir Juli-awal agustus. Tapi itu untuk kelas dua ke atas. Tapi, untuk kelas 1 baru bisa kita tetapkan pertengahan Juli. Tahun ajaran baru kan 16 Juli dan itu baru kepastian anak itu masuk dan kelas satu. Jadi, butuh tiga mingguan untuk menyalurkan,” kata menteri Pendidikan Muhammad Nuh di kompleks parlemen.

Komisi Pendidikan DPR dan Kementerian Pendidikan sepakat menambah anggaran kementerian itu menjadi Rp 79 triliun. Anggaran Pendapatan Belanja 2013 menjatah kementerian pendidikan sebanyak Rp 73 triliun. Dari jumlah itu, 6 triliun ditujukan untuk Bantuan Siswa Miskin dan sisanya untuk sarana dan prasarana perguruan tinggi. Rapat paripurna DPR rencananya akan membahas pengesahan anggaran perubahan itu Senin depan.

Editor: Antonius Eko

  • bantuan
  • siswa miskin
  • m nuh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!