NASIONAL

Menkes Kenalkan Platform Indonesia Health Services, Apa Itu?

"Indonesia Health Services ini merupakan suatu platform atau ekosistem yang bisa menghubungkan semua aplikasi-aplikasi di seluruh industri kesehatan"

Resky Novianto

Menkes Kenalkan Platform Indonesia Health Services, Apa Itu?
Menkes Budi saat rapat kerja di Komisi Bidang Kesehatan DPR, Senin (30/5/2022). (Youtube DPR RI)

KBR, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkenalkan platform Indonesia Health Services (IHS). Platform tersebut mulai diujicobakan tahun ini bagi pelaku di bidang kesehatan.

"Indonesia Health Services (IHS) ini merupakan suatu platform atau ekosistem yang bisa menghubungkan semua aplikasi-aplikasi di seluruh industri kesehatan, baik itu di rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, dinas kesehatan, industri kesehatan, dan perusahaan-perusahaan lainnya," ujar Budi dalam rapat kerja di Komisi Bidang Kesehatan DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

"IHS ini akan menentukan spesifikasi dan standar, karena agar bisa berbicara satu sama lain kita membutuhkan spesifikasi dari format data dan juga standar komunikasinya yang aman dan juga baik," sambungnya.

Budi menjelaskan, IHS merupakan inti standar internasional platform kesehatan Indonesia. Kata dia, IHS akan menjadi identifikasi tunggal kesehatan pasien yang terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK). Sehingga setiap masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan kesehatan yang berkesinambungan.

Baca juga:

"Suatu saat nanti kalau kita mau buka interkoneksi ini keluar, misalnya ada teman-teman yang mau dirawat di sini kemudian perawatan lanjutannya ke Malaysia, data-datanya itu bisa dibaca langsung atas seizin pasien, tanpa harus bawa kertasnya atau yang lain sebagainya," tuturnya.

Budi menambahkan, pendekatan platform IHS akan menjadi penghubung antarplatform aplikasi yang beragam pada berbagai pelaku industri kesehatan.

"Jadi membentuk suatu platform, di mana masing-masing aplikasi yang sudah ada di rumah sakit, hingga apotek bisa saling berbicara termasuk juga aplikasi-aplikasi yang ada di pemerintah," jelasnya.

Editor: Wahyu S.

  • Kemenkes
  • budi gunadi
  • Indonesia Health Services

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!