Bagikan:

Arus Balik 2022, Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan

Terjadi di pesisir Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Jawa Barat sampai Sulawesi Tengah dan Selatan.

NASIONAL

Kamis, 05 Mei 2022 22:31 WIB

Sejumlah calon penumpang pesawat berjalan di dekat papan informasi penerbangan di Terminal 3 Bandara

Sejumlah calon penumpang pesawat berjalan di dekat papan informasi penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/5/2022). (Foto:

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai sirkulasi siklonik dan konvergensi yang berpotensi menyebabkan hujan di sejumlah daerah.

“Kami juga memantau daerah konvergensi lainnya yang memanjang di pesisir barat Sumatra Barat, Kalimantan Barat bagian selatan, Jawa Barat bagian selatan, memanjang dari Sulawesi Tengah hingga Selat Makassar, dan juga memanjang di Papua Barat, Laut Arafuru, laut timur dan juga Laut Flores. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan atau meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah-wilayah tadi,” kata prakirawan BMKG, Mario.

Baca juga: Jokowi Minta Pemudik Hindari Puncak Arus Balik

BMKG juga mengeluarkan peringatan potensi gelombang tinggi di beberapa perairan Indonesia hingga hari ini.

Gelombang tinggi itu disebabkan pergerakan angin yang berkisar 8-25 knot di wilayah Indonesia bagian utara dan 4-20 knot di bagian selatan.

Editor: Citra Dyah Prastuti

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?