Satgas Pastikan Kesiapan RSDC Wisma Atlet Hadapi Lonjakan Pasien

"Baik kesiapan secara kapasitas tenaga medis, relawan dan obat-obatan kita siap dalam mengantisipasi ini untuk 2 bulan ke depan,"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 27 Mei 2021 10:20 WIB

Author

Astri Yuanasari

Satgas Pastikan Kesiapan RSDC Wisma Atlet Hadapi Lonjakan Pasien

Ilustrasi: Pasien RSDC Wisma Atlet berolah raga. (Antara)

KBR, Jakarta -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang juga Ketua Satuan Tugas Covid-19 Ganip Warsito memastikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menghadapi potensi lonjakan kasus usai libur Lebaran 2021. Ganip memastikan sendiri kesiapan personel dan perangkat fasilitas dan sarana pendukung RSDC Wisma Atlet pada tugas lapangan perdananya, usai dilantik menjadi kepala BNPB menggantikan Doni Monardo, Selasa (25/5) kemarin.

"Kita semua sudah melakukan upaya-upaya mulai dari pelarangan mudik kemudian pengendalian pembatasan ataupun PPKN mikro, ini kita harapkan tidak terjadi lonjakan, mungkin dalam satu minggu ke depan kita berharap bisa turun. Dari kesiapan itu baik kesiapan secara kapasitas tenaga medis, relawan dan obat-obatan kita siap dalam mengantisipasi ini untuk 2 bulan ke depan," kata Ganip dalam keterangan pers di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Sampai Rabu (26/05), ada 1.511 pasien yang dirawat di RS Wisma atlet dengan tingkat keterisian mencapai 25,2 persen. Pasien di RS Wisma Atlet didominasi oleh pasien klaster keluarga dan pemudik.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.791.221 orang hingga Rabu. Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia tercatat 96.187 orang.

Dalam 24 jam terakhir terjadi penambahan kasus baru sebanyak 5.034 kasus. Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 3.189 orang, dan penambahan 144 kasus kematian akibat Covid-19.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Selasa (25/5/2021).

Ganip Warsito  menggantikan Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari dinas militer, 1 Juni 2021 mendatang.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara sebagai Kepala Nasional Penanggulangan Bencana. Terlebih dahulu saya bertanya kepada saudara. Bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam? (bersedia)," kata Jokowi dan dijawab oleh Ganip saat pelantikan.

Ganip Warsito sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak Januari 2021. Ia juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III yang meliputi wilayah Kepulauan Maluku serta Papua periode 2019 hingga 2021 lalu. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Dampak Tambang terhadap Lingkungan di Sulawesi Tenggara dan Tengah

NFT, New Kid on the Block (chain)

Kabar Baru Jam 8

Seruan Penolakan Bibit-Bibit Kekuasaan Mutlak