BERITA

Polisi Selidiki Dugaan Kebocoran Kunci Jawaban UN SMP di Jombang

"erdasarkan penelitian awal yang dilakukan Polisi, Dinas Pendidikan dan Guru Matematika, lembar kunci jawaban yang beredar menunjukkan kesamaan dengan soal matematika yang tengah diujikan. "

Muji Lestari

Polisi Selidiki Dugaan Kebocoran Kunci Jawaban UN SMP di Jombang
Ilustrasi Ujian Nasional. Foto: Antara

KBR, Jombang – Polisi mulai mengkaji dugaan terjadinya kebocoran kunci jawaban Ujian Nasional (UN) SMP di Jombang, Jawa Timur. Kepala kepolisian Jombang, Agung Marlianto, menegaskan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan penyelidikan melibatkan seluruh pihak terkait.

Agung memastikan bakal menindak tegas oknum yang bertanggung jawab membocorkan kunci jawaban UN SMP yang terjadi beberapa waktu lalu itu.

“Ini masalah serius kalau itu terjadi tentu akan kita tindak tegas.”ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/05/16).

Sebelumnya hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di Jombang diwarnai dugaan kebocoran kunci jawaban mata pelajaran matematika. Hal ini setelah foto seorang anak berseragam SMP diduga tengah menggandakan kunci jawaban di sebuah toko jasa foto copy beredar di media sosial. Toko foto copy itu lokasinya tidak jauh dari SMP Negeri 4, Desa Banjardowo, Jombang 

Setelah ditelusuri oleh sejumlah awak media, tersisa dua lembar hasil copy yang diduga kunci jawaban bertuliskan mata pelajaran matematika.  Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan Polisi, Dinas Pendidikan dan Guru Matematika, lembar kunci jawaban yang beredar menunjukkan kesamaan dengan soal matematika yang tengah diujikan.  

Editor: Malika

  • Ujian Nasional SMP
  • kecurangan un
  • kecurangan un smp

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!