BERITA

Bonbin Bandung Diberi Tenggat Tiga Bulan Perbaiki Pengelolaan

"surat teguran telah dilayangkan oleh otoritas konservasi ini kepada pengelola kebun binatang untuk segera melakukan perbaikan pengelolaan kebun binatang. "

Arie Nugraha

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat menengok Yani, gajah sumatera yang tengah sekarat di Kebon Bin
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat menengok Yani, gajah sumatera yang tengah sekarat di Kebon Binatang Bandung, Rabu. Yani akhirnya mati. Foto: Antara.

KBR, Bandung– Pengelola Kebun Binatang Tamansari Bandung, Jawa Barat, diberi tenggat hingga tiga bulan mendatang untuk memperbaiki tata kelola dan perawatan satwa yang dimilikinya. Tenggat waktu itu diberikan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat setelah kasus kematian gajah Sumatera bernama Yani.

Balai Konsevasi dan Sumber Daya Alam BKSDA Jawa Barat menduga pengelolaan Kebun Binatang Tamansari Bandung bermasalah sehingga mengakibatkan satwa tak terurus dan mati tak wajar. Apalagi, kata dia, pihaknya telah pemberian materi bimbingan teknis pengelolaan kebun binatang untuk umum ke pihak pengelola beberapa bulan lalu.

Kepala BKSDA Jawa Barat, Sylvana Ratina mengatakan, pihaknya akan memastikan sejauh mana dugaan tersebut benar. "Pada pembinaan teknis baru kita ketahui dokter hewannya resign (mundur). Jadi kan pasti ada sesuatu masalah. Apa tidak sanggup membayar, apa gajinya kurang. Entahlah jadi kemana - mana, saya juga enggak tahu persis. Makanya kita akan mengumpulkan keterangan," ujarnya di Kebun Binatang Tamansari, Bandung, Kamis (12/5).

Sylvana Ratina menambahkan, jika penyebab kematian gajah sudah diketahui, otoritasnya akan melakukan investigasi secara menyeluruh kepada pengelola Kebun Binatang Tamansari terkait peristiwa tersebut.


BKSDA Jawa Barat menyebutkan, surat teguran telah dilayangkan oleh otoritas konservasi ini kepada pengelola kebun binatang untuk segera melakukan perbaikan pengelolaan kebun binatang. 

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bakal memeriksa langsung terkait penyebab kematian Gajah Yani di Kebun Binatang Bandung. Menteri KLHK, Siti Nurbaya mengatakan mengatakan pihaknya juga bakal memeriksa bagaimana Kebun Binatang Bandung memperlakukan satwanya. Pasalnya kata dia, setiap hewan memerlukan penanganan khusus. 

Editor: Malika

  • gajah yani
  • kematian gajah yani
  • kebun binatang Tamansari Bandung
  • BKSDA Jawa Barat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!