BERITA

Panglima TNI Larang Pengungsi Rohingya ke Daratan Indonesia

" Menurut dia, bakal ada permasalahan sosial, jika pengungsi tersebut masuk daratan Indonesia."

Erric Permana

Pengungsi Rohingya menjalani tes kesehatan setelah terdampar di Aceh Utara. Foto: KBR/Erwin Jalaludi
Pengungsi Rohingya menjalani tes kesehatan setelah terdampar di Aceh Utara. Foto: KBR/Erwin Jalaludin

KBR, Jakarta - Panglima TNI Moeldoko menyatakan pengungsi Rohingya yang berasal dari Myanmar dilarang memasuki wilayah Indonesia. Menurut dia, bakal ada permasalahan sosial, jika pengungsi tersebut masuk daratan Indonesia. Meski demikian, kata dia Pemerintah Indonesia siap memberikan bantuan berupa bantuan apapun terhadap pengungsi tersebut jika mengalami kesulitan. 

"Untuk suku Rohingya, sepanjang dia melintas Selat Malaka, kalau dia ada kesulitan di laut, maka wajib kita bantu. Kalau ada sulit air atau makanan kita bantu, karena ini terkait human. Tapi kalau mereka masuki wilayah kita, maka tugas TNI utk menjaga kedaulatan," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat ( 15/5/2015 ) 

Panglima TNI Moeldoko menambahkan bakal melakukan patroli di sejumlah perbatasan laut dan darat untuk mencegah masuknya pengungsi Rohingya ke Indonesia. Dirinya khawatir jika pemerintah memberikan akses maka pengungsi Rohingya bakal masuk ke Indonesia besar-besaran.   

Editor: Malika

  • Rohingya
  • Moeldoko
  • selat malaka
  • pengungsi Rohingya
  • pengungsi
  • Toleransi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!