BERITA

Menteri Kehutanan Segera Temui Menteri Lain Bahas Moratorium Izin Hutan

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan segera bahas moratorium izin hutan dengan kementerian terkait."

Ninik Yuniati

Menteri Kehutanan Siti Nurbaya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Taufik Widjojono dalam satu acara di Jakarta. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berjanji segera membahas teknis pelaksanaan perpanjangan moratorium hutan dengan kementerian terkait.

Menteri Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan akan secepatnya membahas tindak lanjut moratorium izin hutan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian ESDM, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Kementerian Pertanian.


Siti Nurbaya menambahkan sejauh ini muatan moratorium izin hutan tidak banyak berubah dari sebelumnya. Targetnya masih sama, yakni penundaan pemberian izin baru di hutan primer dan lahan gambut.


"Kalau dilihat dari isi Inpres (perpanjangan Moratorium izin hutan) itu tugas dari semua kementerian yang punya basis lahan---Jadi setelah ini saya akan bicara dengan semua menteri terkait dengan moratorium ini," kata Siti Nurbaya di KBR Pagi, (14/5/2015).


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menambahkan, telah menerima banyak masukan untuk perubahan dan penguatan moratorium.


Banyak usulan yang disepakati, misalnya penghapusan batas waktu moratorium, pelaksanaan pengawasan berkala, dan rincian pemberian tugas untuk aparat penegak hukum. Namun, usulan-usulan tersebut harus dibahas lebih dulu dengan seluruh pihak terkait. 

Presiden Joko Widodo setuju memperpanjang moratorium atau penghentian sementara izin baru pengelolaan hutan. Moratorium yang sebelumnya dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 berakhir masa berlakunya pada Rabu, 13 Mei 2015. Hari itu juga Presiden Joko Widodo menanda tangani Instruksi Presiden (Inpres) perpanjangan moratorium.

Editor Agus Luqman 

  • menteri kehutanan
  • Instruksi presiden
  • kementerian lingkungan hidup
  • moratorium hutan
  • siti nurbaya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!