BERITA

Bertahan Garap Blok Mahakam, Total Nego Pertamina

"Perusahaan Migas asal Prancis, Total bakal melanjutkan pengelolaan blok Mahakam dengan PT Pertamina."

Erric Permana

Bertahan Garap Blok Mahakam, Total Nego Pertamina
Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Perusahaan Migas asal Prancis, Total bakal melanjutkan pengelolaan blok Mahakam bersama PT Pertamina. Ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said saat menemani CEO Total menemui Presiden Joko Widodo. Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan waktu satu bulan kepada Total dan Pertamina  untuk mencapai kesepakatan. 

"Masa depan? soal blok Mahakam, Total sudah pahami Indonesia bermaksud meneruskan sebagai operator, maka Total siap bekerja sama dengan Pertamina sebagai NOC. Soal pembagian saham, akan kita diskusikan lebih jauh. Presiden berikan waktu sebulan dari sekarang harus ada kesepakatan  yang saling menguntungkan," ujar Sudirman Said di Kantor Presiden. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menambahkan pengelolaan blok Mahakam tersebut juga nantinya akan dialihkan kepada Pertamina jika perusahaan asal Prancis tersebut sudah siap mengalihkan teknologinya. 

"Memberi kesempatan Total untuk terus ada di sini dan Pertamina jadi operator pada waktunya, serta kesiapan Total untuk alih teknologi kepada pertamina secara gradual untuk jadi operator secara penuh," tambahnya.

Sementara itu CEO Total, Patrick Pouyanne mengatakan berharap tetap bisa berinvestasi di Indonesia. Dia mencontohkan, Total hingga saat ini menginvestasikan 1,5 - 2 miliar dolar pertahunnya di Indonesia.

Editor: Dimas Rizky

  • migas
  • Pertamina
  • Blok Mahakam
  • esdm

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!