Bagikan:

Warga Syiah Sampang Tak Mau Tertipu Janji Manis Capres

KBR, Jakarta – Para pengungsi warga Syiah di Sampang, Madura belum menentukan pilihannya untuk mendukung salah satu Capres.

NASIONAL | BERITA

Rabu, 28 Mei 2014 15:55 WIB

Author

Luviana

Warga Syiah Sampang Tak Mau Tertipu Janji Manis Capres

syiah, sampang, capres

KBR, Jakarta – Para pengungsi warga Syiah di Sampang, Madura belum menentukan pilihannya untuk mendukung salah satu Capres.

Pemimpin Syiah Sampang, Iklil Al Milal mengatakan bahwa mereka baru akan menentukan pilihan pada salah satu Capres-Cawapres pada awal Juli 2014 atau menjelang pelaksanaan Pemilu 9 Juli.

Selama ini mereka telah membaca visi dan misi Capres namun belum menentukan pilihan karena masih ragu apakah Capres yang mereka pilih akan menyelesaikan persoalan para pengungsi Syiah.

“ Kami sudah melihat visi dan misi 2 Capres ini dan senang dengan salah satu visi dan misi Capres, namun kami menjadi ragu apakah jika mereka terpilih bisa memperjuangkan persoalan kami?. Jadi kami harus membahasnya sambil melihat dulu baru nanti akan menentukan pilihan. Intinya kami tidak mau tertipu janji manis karena ini semua bagian dari politik,” ujar Iklil Al Milal.

Iklil menambahkan hingga hari ini baik dari Tim Jokowi maupun Prabowo belum ada yang berbicara atau berkomentar tentang nasib kelompok Syiah ini.  Namun mereka berharap bahwa presiden yang terpilih nanti akan berjuang untuk hak warga dalam mendapatkan jaminan perlindungan agama.

Harapannya untuk presiden terpilih nanti bagaimana presiden bisa memperjuangkan korban-korban intoleransi seperti mereka.

“ Bagaimana kami bisa hidup damai di kampung kami, jaminan keamanan untuk kami. Jadi siapa saja presidennya, harus menjamin keamanan dan kebebasan warga dalam memilih agama dan keyakinannya.”

Sebelumnya kekerasan dialami warga Syiah. 1 orang warga Syah meninggal, 7 orang mengalami luka dan puluhan rumah dibakar pada Desember 2011. Warga harus keluar dari kampungnya dan mengungsi kurang lebih 2,5  tahun hingga sekarang di rumah susun Puspoagro, Sidoarjo.

Kesepakatan damai antara warga Syiah dan warga Sampang Sampang memang sudah dilakukan pada Senin 23 September 2013.  Namun janji Presiden SBY untuk mengembalikan warga ke kampung halamannya kembali tak juga ditepati hingga sekarang ini.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio

Most Popular / Trending