NASIONAL

Kerusuhan SARA, PGI Minta Umat Kristiani Dialog Antar Iman

"KBR, Jakarta- Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengimbau umat kristiani untuk lebih intens melakukan dialog antar iman. Hal ini dilakukan agar meminimalisir insiden-insiden berbau agama."

Eli kamilah

Kerusuhan SARA, PGI Minta Umat Kristiani Dialog Antar Iman
pgi, dialog, sara

KBR, Jakarta- Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengimbau umat kristiani untuk lebih intens melakukan dialog antar iman. Hal ini dilakukan agar meminimalisir insiden-insiden berbau agama.

Ketua Bidang Lintas Agama PGI Favor Adelaide Bancin mengatakan insiden berbau Sara di beberapa daerah seperti pembakaran gereja di Pasaman Barat dan penyegelan gereja di Bekasi masih sering di didominasi kultur budaya masyarakat setempat.

Favor juga menyatakan bahwa pemerintah daerah perlu menata ulang aturan terkait kerukunan antar umat beragama.

“Paling utama dalam benak saya untuk menghentikan pembakaran ini, penutupan ini, termasuk polisinya. PGI juga harus mengajak berdialog dengan komunitas lain, karena kami sadar banyak gereja yang tidak mau berdialog diluar agamanya,” kata Favor kepada KBR, Rabu (7/5).

Sebelumnya, insiden diduga berbau SARA kembali terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Sekitar 2 orang tak dikenal membakar bagian luar bangunan Gereja Katholik Santa Maria pada Minggu pagi (4/5). Kemudian, pada hari Rabu (31/4) pekan lalu sebuah gereja yang berada di wilayah tersebut juga dibakar oleh orang tak dikenal.



Editor: Luviana

  • pgi
  • dialog
  • sara

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!