NASIONAL

Tahun Ini, Pemerintah Targetkan Ekspor Perikanan Rp 48 Triliun

"Pemerintah menargetkan ekspor perikanan Indonesia ke Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang dan Afrika meningkat. Target tahun ini peningkatan mencapai Rp 48 triliun, naik Rp 10 triliun dari tahun sebelumnya."

Yudi Rachman

Tahun Ini, Pemerintah Targetkan Ekspor Perikanan Rp 48 Triliun
Tahun Ini, Pemerintah, Targetkan Ekspor, Perikanan, 48 Triliun

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menargetkan ekspor perikanan Indonesia ke Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang dan Afrika meningkat. Target tahun ini peningkatan mencapai Rp 48 triliun, naik Rp 10 triliun dari tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P. Hutagalung mengatakan, komoditas unggulan Indonesia adalah udang, cakalang, tuna hingga rumput laut.

"Tahun 2013 ini target ekspor hasil perikanan kita itu US$ 5 miliar nah realisasi tahun 2012 hampir US$ 4 miliar, untuk tahun 2013 kita masih bertumpu terutama pada pasar ekspor yang utama yaitu Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Walaupun kita menyadari ada pelemahan pasar di Eropa akibat dampak krisis keuangan tahun lalu," ujar Direktur Jenderal Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P. Hutagalung saat dihubungi KBR68H.

Dirjen Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P. Hutagalung menambahkan, untuk mencapai target itu kementeriannya melakukan dorongan kepada industri perikanan dari hulu ke hilir. Pengawasan dan dukungan itu mulai dari produksi, pengemasan sampai ke pengangkutan yang memenuhi standar perdagangan internasional dan keamanan pangan.

Editor: Anto Sidharta

  • Tahun Ini
  • Pemerintah
  • Targetkan Ekspor
  • Perikanan
  • 48 Triliun

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!